Tuesday, November 28, 2017

Sebelum Ubah Blog Jadi Valid AMP, Ketahui Dulu Hal Berikut

Beberapa Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Ubah Blogger Menjadi Valid AMP

Pengguna cms blogger yang ingin mengubah blognya menjadi valid amp, nampaknya semakin banyak. Hal ini mungkin dikarenakan mereka berasumsi bahwa RKT dan SERP di google lebih baik jika menggunakan blog yang menggunakan template valid AMP.

Benarkah? Sesuai dengan pengalaman saya pribadi mengelola blog travel janganlupabahagia.com yang jauh lebih dulu saya buat, memang benar jika SERP dan RKT lebih baik jika menggunakan template valid AMP.



Mungkin para pengunjung / visitor memang sudah paham jika ia mencari artikel di google, dan menemukan artikel dengan logo petir, maka blog tersebut lebih cepat diakses. Inilah salah satu alasan saya pribadi kenapa mengubahnya menjadi valid amp, karena saya merasakan sendiri manfaat menggunakan AMP project di blog saya.

Namun, perlu diketahui bahwa anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum anda memutuskan untuk mengubah blog agar valid AMP project. 

Beberapa hal ini sangat penting diperhatikan agar kamu tidak menyesal mengubah blog anda menjadi valid AMP. Karena pada dasarnya, mengubah cms Blogger menjadi valid AMP sangatlah menguras waktu, karena anda harus mengubah satu per satu artikel agar semua artikel blogger valid amp (baca).

Berikut akan saya jelaskan hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu mengubahnya menjadi valid AMP.

1. Ketahui Pengunjung Mayoritas Anda

Ini merupakan hal terpenting yang menurut saya harus benar-benar anda perhatikan. Jika visitor blog anda mayoritas menggunakan smartphone untuk mengunjungi blog anda, maka saya menganjurkan anda untuk menggunakan template valid AMP blogger dan mengubah seluruh artikel pada blogger anda agar valid AMP.

Karena, pada dasarnya icon Google AMP cache hanya akan terlihat jika pengunjung melakukan pencarian di mobile phone.  

Apalagi jika blog anda mengupload banyak gambar, saya sangat menganjurkannya untuk mengubah menjadi valid AMP. Kenapa demikian? Karena seperti yang sudah saya jelaskan, blog valid AMP akan lebih cepat diakses meskipun banyak menyertakan gambar di dalam blognya. 

2. Tema Blog 
Tema atau niche dari blog anda juga perlu diperhatikan. Jika anda mempunyai blog bertema travelling, berita entertainment, blog resep makanan, dan blog-blog bertema ringan lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan AMP untuk blogger.


Namun, jika anda mempunyai sebuah blog bertemakan tutorial blogging atau coding, download film, tutorial edit video, dan blog-blog sejenisnya, saya bukan tidak menganjurkan anda mengubahnya menjadi valid AMP.

Namun anda harus memikirkan hal-hal tersebut matang-matang. Karena biasanya pengunjung bertemakan tersebut, mayoritas menggunakan dekstop.

3. Seluruh Artikel Lama Yang Akan Mengalami Error (non Valid)
Tidak seperti blog yang menggunakan plugin di CMS Wordpress yang otomatis akan valid AMP, anda sebagai pengguna Blogger akan mengalami beberapa error yang menjengkelkan pada blog anda.

Yap! Akan banyak artikel error, bahkan mungkin semua artikel blogger anda akan mengalami error. Error  yang saya maksud ini bukannya error dan menyebabkan artikel atau blog anda tidak bisa diakses, namun error yang saya maksud yaitu error pada validitas AMP project anda.

Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu mengubah artikel satu per satu agar menjadi valid AMP. Untuk lebih jelasnya, baca artikel: Agar Semua Artikel Valid AMP Blogger.


Inti dari artikel ini tentunya agar anda sebagai blogger lebih bisa memahami apa saja manfaat dan kerugian, juga kelebihan dan kekurangan dari AMP project tersebut. Harap selalu perhatikan hal-hal tersebut sebelum anda memutuskan untuk membuat blog anda Valid AMP.
Disqus Comments