Sunday, January 28, 2018

Seberapa Besar Pengaruh Google AMP terhadap SEO Blog?

    Apakah Penerapan Google AMP Berpengaruh terhadap SEO Blog?



    Google AMP merupakan sebuah terobosan baru dari ampproject yang berkolaborasi dengan Google untuk mengatasi masalah kecepatan akses sebuah situs. Dengan memanfaatkan fitur google amp cache, situs yang menggunakan pedoman AMP html akan 200% lebih cepat diakses.

    Banyak faktor yang membuat situs lemot, beberapa diantaranya karena pemasangan javascript yang terlalu banyak, gambar terlalu besar, dan server yang digunakan, dan lainnya. 

    Jika anda beralih ke google AMP, maka anda tidak boleh lagi menggunakan javascript selain AMP. Yang artinya, akan ada beberapa fitur yang tidak bisa dipakai di web sebelum anda mengubahnya.

    Sudah banyak sekali blog ataupun website besar yang menggunakan AMP, contoh saja jalantikus, tribunnews, bbc, dan lainnya. 

    Hal dasar yang membedakan mana website yang menggunakan AMP adalah jika kita mencari sebuah kata kunci, akan adanya tanda 'petir' sebelum alamat situs. Jika memang ada, itulah situs yang sudah menggunakan google amp. 

    Perlu diketahui bahwa ikon petir google amp hanya terlihat apabila anda mencari kata kunci di google menggunakan smartphone. Jadi wajib untuk kamu ketahui bahwa ada beberapa faktor yang harus anda ketahui sebelum ubah blog jadi AMP. Saya pernah membahasnya dalam sebuah artikel berjudul: Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Ubah Blog Jadi Valid AMP.

    Sampai saat ini, masih banyak website ataupun blogger enggan upgrade halaman blognya menjadi Google AMP. Khususnya blogger Indonesia yang menggunakan Blogger/Blogspot. 

    Hal ini dipengaruhi beberapa hal, contohnya karena Google AMP menggunakan bahasa yang ribet dan tidak boleh menggunakan javascript apapun sehingga mereka harus kehilangan beberapa fitur di blog nya. 

    Selain itu masih banyak blogger yang punya target visitor pengguna dekstop, di mana mereka percaya bahwa Google AMP tidak begitu berpengaruh terhadap situs mereka. 

    Ada pun yang berasumsi bahwa Google AMP tidak berpengaruh terhadap SEO blog mereka, benarkah? Saya coba akan beropini mengenai hal tersebut, mari kita bahas. 

    Seberapa Besar Pengaruh Google AMP terhadap SEO Blog?

    Masih banyak yang percaya bahwa penggunaan AMP tidak berpengaruh besar terhadap hasil pencarian di google. Hal ini memang sah-sah saja, karena menurut saya penggunaan AMP tidak menjadi satu-satunya alasan google menaikan rangking situs anda di pencarian google. 

    Perlu kita ketahui juga bahwa pengguna internet tidak selalu memilih urutan pertama di hasil pencarian google, meskipun memang posisi 1 di google berkesempatan mendapatkan rate klik hingga 60%. 

    Ada yang memilih artikel dengan yang paling relevan dengan kata kunci si konsumen. Dan juga ada yang memilih hasil pencarian karena kecepatan websitenya.

    Ini yang sebenarnya harus dimanfaatkan, "sisi psikologi konsumen". Saat ini, saya percaya bahwa pengguna internet sudah semakin pintar dalam memilih hasil pencarian. 

    Banyak juga yang sudah tahu bahwa hasil pencarian dengan tanda "petir" di websitenya, akan lebih cepat diakses. Terbukti dari rate klik halaman saya di search console, meskipun berada di posisi 4 di google, namun rate klik cukup tinggi (masih dikisaran 20%).

    Faktor kedua dari kenapa AMP cukup berpengaruh terhadap SEO blog adalah "Keistimewaan yang diberikan Google". 

    Google seringkali mengisitimewakan AMP, salah satunya sudah banyaknya referensi-referensi penerapan amp di artikel-artikel support.google.com. Selain itu di halaman google developer, google tag manager, dan rich media google pun sudah banyak artikel khusus pengguna google AMP. Ini wajar mengingat AMP html memang proyek besar dari developer Google inc. 

    Selain itu, hasil pencari di google mobile juga akan berbeda dan di istimewakan google. Website yang menggunakan valid AMP, akan diistimewakan dengan hasil pencarian berformat rich media / rich snippet. Namun tentunya jika halaman tersebut juga menggunakan rich media di dalamnya. Ini yang google sebut sebagai quick read carousel. (lihat gambar)

    Juga, seringnya mention google untuk menerapkan AMP yang membuat saya pribadi percaya suatu saat Google AMP akan menjadi faktor yang terbesar terhadap hasil pencarian. Apalagi jika mengingat google sekarang semakin fokus terhadap pengguna mobile/smartphone. 

    Kecepatan, menjadi faktor yang juga berpengaruh terhadap SEO suatu halaman. Yap! Pengguna AMP akan merasakan webnya sangat cepat diakses. Bahkan hanya dalam beberapa detik saja untuk satu halaman web.

    Kesimpulan dari artikel ini mengenai opini seberapa besar pengaruh AMP terhadap SEO yaitu saat ini AMP memang bukan faktor satu-satunya yang berpengaruh terhadap SEO. Namun mengingat pengguna smartphone yang semakin banyak, dan perlakuan khusus google terhadap pengguna mobile dan AMP, mungkin suatu saat AMP html menjadi salah satu faktor besar rangking SEO sebuah halaman. 

    Semoga bermanfaat :)

    Disqus Comments