Tuesday, August 21, 2018

Kenapa AMP Auto Ads Blogger Tidak Menempatkan Iklan Tengah Artikel?

    AMP-AUTO-ADS NOT WORKING! Penyebab Google AdSense Auto Ads Tidak Menampilkan Iklan di Template Blogger AMP

    Format iklan auto ads memang sangat membantu para publisher untuk menampilkan iklan ditempat yang strategis. Tidak perlu lagi meletakan iklan secara manual, Auto Ads Google AdSense akan secara acak menempatkan iklan dalam berbagai Format. 

    Beberapa waktu yang lalu, secara resmi amp-auto-ads juga dikembangkan menjadi versi beta, setelah sebelumnya masih dalam experimental. Para blogger yang menggunakan template AMP Blogger pun turut senang atas kabar ini. 

    Namun ada beberapa masalah yang dihadapi, karena banyak yang menemukan masalah penempatan iklan. Sebagian Blogger menanyakan, kenapa iklan amp-auto-ads tidak muncul di dalam artikel (tengah konten)? Hal ini memang butuh penjelasan dengan bahasa yang sedikit ribet. 

    Memahami Bagaimana AMP AUTO ADS Menempatkan Iklan


    Dalam halaman resmi ampproject.org, komponen amp-auto-ads sudah dijelaskan bahwa iklan akan disuntik dalam beberapa tempat yang strategis. 

    Dengan jumlah penempatan valid yang cukup (disediakan dalam konfigurasi), iklan auto ads akan mencoba memasukkan iklan tambahan sambil mengikuti serangkaian batasan yang ditentukan oleh jaringan iklan. Batasan ini akan membatasi:
    • Iklan hanya akan tampil pada saat anda menggunakan smart phone.
    • Total iklan yang sudah ada di Blog anda
    Jika terlalu banyak iklan dalam sebuah website, maka amp-auto-ads tentu tidak akan menempatkan iklan secara berdekatan.
    • Jarak antar Iklan 

    Ada jarak minimum antar iklan, di sinilah mungkin letak masalah kenapa iklan tidak muncul dalam artikel. Anda membutuhkan text yang panjang, agar iklan bisa muncul setidaknya satu di tengah postingan.
    • Iklan hanya akan ditampilkan pada element tertentu.
    Yang ketiga inilah, yang membingungkan. Iklan hanya akan ditampilkan pada tempat yang menurutnya bagus. Ini perlu treatment khusus, yang kebetulan saya ada sedikit pemahaman tentang hal tersebut.

    Konfigurasi Penempatan Pada Blogger, Agar Iklan Muncul di Dalam Artikel

    Seperti sudah dijelaskan dalam halamannya:
    "Ad should be positioned immediately positions immediately after all <P class='paragraph'> elements that are within the third <DIV id='domId'> on the page. An ad placed in any of these positions should be of type BANNER and have a top margin of 4px and a bottom margin of 10px."

    Masalahnya adalah Blogger tidak akan menerima tag <p> saat anda menulis artikel melalui mode HTML, dan akan otomatis digantikan dengan tag <div> yang memberikan break tiap paragraph. 

    Namun, saya coba mengakalinya dengan menggunakan tag <div> beserta class-nya.  Selector Class tersebut saya gunakan saat saya mengupload gambar dalam artikel. 

    Bisa kalian lihat gambar di bawah ini, amp-auto-ads mencoba menempatkan iklan di atas dan atau di bawah gambar artikel. Saya akan di jelaskan kenapa di bawah gambar, bacalah baik-baik. 

    Karena saat itu saya coba mempelajari bagaimana iklan ditempatkan oleh amp-auto-ads, dan ternyata ikaln di blog saya hanya muncul tepat di bawah Gambar dalam artikel. Berikut contoh kode yang saya gunakan saat mengupload gambar, dengan menggunakan class selector untuk menampung gambar tersebut. 

    
    <div class="fixed-height-container">
    
    <amp-img alt="Best adsense alternative for AMP google" class="contain" layout="fill" src="https://1.bp.blogspot.com/-Zuo8YSviktA/W2K1ALsDmmI/AAAAAAAAFUY/rLzUZ3p9BEQPwCAAMwdKv0NJRbnP1g6jwCLcBGAs/s640/AMP%2BAD%2Bfor%2BGoogle%2BAMP.jpg">
    
    </amp-img>
    
    </div>

    Saya tempatkan kode tersebut saat menulis dan mengupload gambar dalam artikel, dan ternyata iklan auto ads muncul di bawah dan di atas gambar yang saya upload. Jika anda coba menggunakan tag <p>, itu akan percuma karena sudah saya jelaskan bahwa Blogger tidak menerima tag <p> dalam artikel. 

    Tapi perlu diperhatikan bahwa masih mungkin ada cara lain agar amp-auto-ads bisa menempatkan iklan di tengah artikel. Ini hanya opini saya saja, meskipun ternyata memang iklan tampil dengan cara tersebut. 

    Jika kalian ingin mencoba dengan menggunakan tag <div class='fixed-height-container> seperti contoh di atas, jangan lupa juga untuk mencopy CSS untuk selector tersebut, baca artikel: Mengatur <amp-img> Tanpa Memasukan Width dan Height.

    Semoga bermanfaat, silahkan komentar untuk melakukan diskusi tentang masalah AMP AUTO ADS pada Blogger. 


    Disqus Comments