Sunday, September 16, 2018

5 Website dan Tool Untuk Mengembangkan Blog Valid AMP Anda

5 Website dan Tool Untuk Mengembangkan Blog Valid AMP Anda

Dalam mengembangkan sebuah blog, tentunya kita perlu Tool dari pihak ketiga untuk membantu developing blog. Di internet, sangat banyak tool-tool gratis dan website yang bisa dimanfaatkan oleh Blogger untuk mengembangkan blognya.

Saya beri contoh Tool dari csscompressor.com yang bisa membantu anta untuk memperkecil ukuran CSS yang anda gunakan untuk website anda. Biasanya webmaster dan blogger menggunakan tool tersebut agar website lebih cepat diakses.

Ada juga AddThis, aplikasi share tool yang sangat berguna untuk membuat widget share box sosial media. Tool ini sangat popular bagi kalangan Blogger dan support hamper disemua platform termasuk AMP HTML.

Bagi anda yang memiliki blog berbasis AMP HTML seperti blog saya, tentunya juga memerlukan tool yang bisa membantu anda mengembangkan blog.

Saya sendiri memanfaatkan beberapa tool yang terbukti membantu mengembangkan halaman AMP blog saya.

Kali ini, saya akan membagikan 5 tool dan website yang bisa anda manfaatkan untuk mengembangkan Blog AMP anda.

1. AMP Validator

AMP Validator adalah tool dari ampproject.org yang membatu anta mereview apakah halaman anda sudah valid AMP atau tidak. Tool ini bisa mendeteksi bagian mana saja kode HTML yang tidak memenuhi kriteria AMP HTML. Anda bisa melihat kode yang error dan memperbaikinya.

AMP Validator juga tersedia untuk browser Chrome dan Mozilla Firefox dalam bentuk add on. Anda dapat menginstallnya pada browser anda, dan secara langsung bisa melihat apakah halaman web anda valid AMP atau tidak.

Name: AMP Validator
Developer: AMP Project / Google
Priority: High

2. Website Resmi AMP Project


Ini adalah halaman resmi developer AMP HTML. Disini, anda bisa menemukan fitur terbaru, referensi convert ke AMPHTML, serta dokumentasi tentang komponen javascript AMP.

Ampproject.org memberikan referensi semua komponen AMP yang dapat digunakan pada halaman website anda. Ampproject.org juga memberikan contoh dasar penerapan kode ke dalam Halaman website anda.

Name: ampproject.org
Developer: AMP Project / Google
Priority: High


3. CSS Compressor


Salah satu syarat agar halaman web anda valid AMP yaitu, ukuran CSS yang tertanam untuk halaman web tidak lebih dari 50.000 bytes (50Kb).

Ini memang batas yang diberikan oleh amprpoject.org sebagai pencipta AMP HTML. Untuk itulah anda perlu memperkecil ukuran CSS anda.

Di internet, sudah banyak sekali tool yang membantu anda mengkompresi ukuran CSS dan HTML. Salah satunya adalah csscompressor.com.

Anda bisa menggunakan tool tersebut secara gratis. Cara kerjanya, tool ini akan menghapus line break pada CSS, comment tag CSS dan code CSS yang tidak perlu digunakan. Saya akan memberikan contoh CSS yang sudah dikompresi:

Sebelum Dikompres:


/* This is CSS Comment tag */


body {
    Font-Family: Roboto;
    background: #fff;
    color: #444 margin: 0 padding-top: 5px;
    padding-right: 10px;
    padding-left: 10px;
    padding-bottom: 5px;
    position: static;
}

Setelah dikompres


body{font-family:Roboto;background:#fff;color:#444 margin: #0 padding-top: #5px;padding-right:10px;padding-left:10px;padding-bottom:5px;position:static}


Name: csscompressor.com
Developer: -
Priority: Medium (Optional)


4. AMP By Example


Saya banyak belajar dari website ini. Di website ampbyexample.com, anda bisa mencari beberapa referensi dalam menerapkan component javascript AMP di halaman website.

Website ini tentunya sangat membantu karena memberikan beberapa contoh penerapan dan penggunaan komponen AMP yang terbilang masih bingung untuk diterapkan.

Tool AMP By Example ini banyak memberi sample dari basic sampai advantages.

Name: ampbyexample.com
Developer: AMP Project / Google
Priority: Medium (Optional)


5. Kompi Ajaib


This is increadible blog for you. KompiAjaib.com adalah salah satu blog favorite saya untuk mengembangkan Blogger valid AMP yang saya miliki. Adhy, sebagai penulis dan pemilik blog tersebut sudah menggiring saya untuk belajar AMP HTML.

Di blog ini, anda dapat menemukan banyak referensi penerapan AMP HTML pada template AMP Blogger anda. Banyak tutorial menarik penerapan komponen AMP yang bisa diterapkan pada Blogspot CMS.

Selain itu, kompiajaib.com juga membuat dan mengembangkan banyak template valid AMP, anda bisa membeli lisensinya dengan harga yang murah.

Silahkan kunjungi KompiAjaib.com, jika anda tidak menemukan tutorial AMP Blogger di sini :D. Namun sayang, KompiAjaib.com saat ini hanya tersedia dalam bahasa Indonesia.

Name: KompiAjaib.com
Developer: Adhy Suryadi
Priority: Medium (Optional)


Itulah 5 website dan tool yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan Blogger Valid AMP anda. Semoga bermanfaat

Disqus Comments