Tuesday, October 9, 2018

Cara Audit Halaman AMP Menggunakan Screaming Frog SEO Spider

Cara Audit Halaman AMP Menggunakan Screaming Frog SEO Spider

Jika anda merupakan orang yang tertarik mendalami ilmu SEO, anda harus mengenal sebuah software audit SEO bernama Screaming Frog SEO Spider. Software premium ini sangat berguna untuk mengaudit setiap halaman website anda. 

Tool ini bisa mengaudit secara mendetail, mulai dari audit judul, meta deskripsi, kinerja di search engine, backlink, keyword density dan lain-lainnya. Sangat banyak fitur yang ditawarkan ole SEO Spider tool ini.
Cara menggunakannya sangat mudah, anda cukup memasukan URL lengkap website, kemudian klik Start. Maka software tersebut akan meng-crawl keseluruhan elemen website serta menayangkan semua URL yang ada dalam sebuah website.

Dengan menggunakan Screaming Frog SEO Spider ini, anda juga bisa mengoptimasi serta melakukan experiment halaman web. SEO Spider juga akan memberikan saran editing mengenai Judul dan Meta Description. 

Nah, di update terbaru Screaming Frog, developer software mengeluarkan fitur terbaru. Dimana para website developer dan SEO analyst bisa melakukan audit halaman AMP. 

Dengan fitur ini, pengguna software bisa melakukan audit lengkap meliputi validasi AMP HTML, Canonical yang terindeks, non-canonical yang terindeks, Error AMP, dan lain sebagainya.

Kali ini, saya akan membagikan tutorial mengenai cara audit halaman AMP dengan menggunakan software SEO Screaming Frog. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Perlu diketahui, tutorial ini hanya tersedia bagi anda yang mempunyai lisensi aktif SEO Screaming Frog.

1. Yang pertama anda lakukan adalah mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Klik menu Configuration - Spider. Kemudian checklist semua bagian row amphtml. Lihat gambar
2. Langkah Selanjutnya yaitu melakukan crawling pada website anda. Masukan URL Lengkap blog anda, dan klik Start untuk menganalisa semua bagian website. 

Langkah ini akan mengupdate semua halaman canonical anda, dan juga halaman AMP website anda.

3. Jika proses crawling sudah 100%, maka semua halaman website akan tampil dan menjelaskan jenis content, status kode, judul, dan lain-lainnya. 

Untuk mengaudit halaman AMP, klik tab AMP. Pada dropdown menu filter, berfungsi untuk memfilter fitur audit AMP. Silahkan lihat gambar di bawah ini.

4. 15 filter tersedia untuk dapat dilihat. Namun, beberapa filter memerlukan proses analisa oleh tool spider di Screaming Frog. Maka, anda perlu melakukan Crawl Analysis. Klik menu Crawl Analysis, kemudian klik Start.

Jika proses analisa data halaman AMP sudah selesai, maka akan memunculkan hasil lengkap audit semua halaman AMP HTML yang aktif di website anda. 

Disinilah tugas anda untuk mengaudit setiap halaman yang sudah muncul. Anda bisa melihat halaman AMP mana yang error, tidak terindeks, error JS AMP, error gambar, error CSS dan lain-lainnya.  

Tentunya dengan software ini, akan sangat membantu anda dalam analisa website dan semua halaman aktif yang ada dalam kerangka HTML anda. 

Seperti yang kita tahu, untuk menjadi seorang SEO yang punya skill, yang pertama harus dikuasai adalah kemampuan analisa. Nah, software ini memang dibuat untuk anda yang siap menjadi seorang expert di bidang SEO. 

Selamat mencoba :)

Disqus Comments