Wednesday, October 10, 2018

Penjelasan 'Temporarily unreachable' pada Fetch As Google di Search Console

    Penjelasan 'Temporarily unreachable' pada Fetch As Google di Google Webmaster Tool

    Google Webmaster tool atau kini lebih dikenal dengan Search Console, menjadi salah satu tool penting dari bagi para Webmaster. Tool ini sangat berguna untuk memonitor kinerja website seperti kinerja perayapan robot google, backlink website, masalah perayapan, serta semua hal yang berhubungan dengan Google. 

    Salah satu fitur dari Search Console yang sangat berguna yaitu fitur Fetch as Google (Ambil sebagai Google). Fitur ini berfungsi untuk mengirim data website ke robot Google untuk meminta pengindeksan halaman secara cepat. 

    Dengan memanfaatkan fitur ini, maka konten website atau artikel baru yang kita buat akan lebih cepat terindeks di Google. Jadi sangat disarankan menggunakan fitur fetch as google setelah artikel publish, agar indeks artikel baru langsung bisa dilihat di Google. 


    Namun, banyak teman Blogger yang mengalami masalah saat menggunakan fitur ini. Saat mengirim URL dan merender halaman yang dikirim, Google menyatakan bahwa URL 'Temporarily unreachable' atau dalam bahasa Indonesia berarti URL tidak dapat dijangkau saat ini.

    Mengapa ini terjadi? Apakah blog mengalami error? Atau justru webmaster google yang sdang error?

    Ada beberapa penjelasan menurut para ahli di Forum Google Webmaster yang saya temukan. Penyebab terjadinya 'Temporarily unreachable' saat merender URL di fitur Fetch as Google, antara lain:

    URL Salah / Tidak Ditemukan

    Kemungkinan pertama jika terjadi 'Temporarily unreachable' yaitu, anda mengirim dan merender halaman yang salah. Jadi pastikan anda menginput URL website yang benar. 

    Di dalam kolom fetch as google, anda cukup melampirkan direktori URL nya saja atau anda jangan masukan URL secara lengkap. 

    Contoh blog anda beralamat di https://lorem.com dan ingin merender https://lorem.com/ipsum.html di Fetch as Google, maka anda cukup mem-paste ipsum.html saja.

    Jika anda mempaste URL secara lengkap, maka tool simulasi Fetch as Google akan merender halaman anda menjadi seperti ini: 

    https://lorem.com/https://lorem.com/ipsum.html

    Dan bisa dipastikan itu adalah URL yang salah. 

    Waktu Respon Server Web Yang Lama

    Kemungkinan yang kedua yaitu waktu respon server anda yang lama (Server lemot). Error  'Temporarily unreachable' biasanya ditemukan saat anda memilih opsi Fetch and Render. Saat anda memilih opsi tersebut, Google tidak hanya menelusuri URL saja, melainkan juga mengetes setiap kode yang ada dalam halaman. 
    Masalah  'Temporarily unreachable'  bisa disebabkan karena server anda mengalami masalah kecepatan. Jika respon server terlalu lama, maka Robot Google akan menghentikan perenderan. 

    Solusi dari masalah ini adalah mencoba untuk menghubungi pihak hosting anda. Anda juga bisa meminimalisir respon server dengan meningkatkan kecepatan website anda. Misalnya, memperkecil ukuran HTML dan CSS, serta tidak menggunakan banyak javascript pihak ketiga.

    Terlalu Banyak Mengirimkan Permintaan Fetch as Google

    Kemungkinan terakhir yaitu, anda terlalu banyak meminta permintaan perenderan URL anda yang berbeda. Google Webmaster membatasi setiap permintaan Fetch as Google setiap harinya. Dan menurut informasi, Google tidak akan menerima perenderan URL berbeda secara bersamaan. 

    Untuk mengatasi masalah ini, silahkan gunakan fitur Fetch as Google di hari selanjutnya. Dan jangan melakukan Fetch and Render URL yang berbeda secara bersamaan. 

    Kesimpulan dari artikel ini, masalah 'Temporarily unreachable' masih bisa diatasi dengan berbagai cara yang sudah saya jelaskan. Dan masalah tersebut bisa terjadi kapan saja, melihat dari penyebab dari masalah tersebut.

    Jika anda tetap mengalami masalah tersebut di tool Fetch as Google, anda tidak perlu khawatir karena Google masih bisa melakukan perayapan URL melalui sitemap yang sudah anda kirimkan di Google Search Console.

    Read More: 

    Disqus Comments