Thursday, October 4, 2018

Solusi Mendapatkan Penghasilan dari AdSense di Blog Download Ilegal

Inilah Cara Aman Memasang Iklan AdSense di Blog Download Software, Film dan Lagu Ilegal

AdSense merupakan platform monetize website paling populer di dunia. Platform khusus publisher yang dimiliki Google Inc ini memang menjadi yang terbaik saat ini.

Selain mempunyai banyak banyak pengiklan, bayaran dari setiap klik (CPC) iklan AdSense juga cukup besar. Namun ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti Niche website, jenis iklan, ukuran dan negara asal pengunjung.

Selain itu AdSense juga menawarkan pembayaran iklan CPM yang juga lumayan tinggi. AdSense juga memiliki banyak sekali format iklan untuk publisher, mulai dari Banner hingga Native yang bisa disesuaikan oleh publisher.

Tapu nampaknya anda harus sangat berhati-hati jika menjadi Publisher Google AdSense, karena banyak sekali aturan yang dibuat oleh Google.

Saking banyaknya aturan, banyak publisher yang dibanned karena menyalahi aturan yang ditetapkan. Contoh aturan paling mendasar yaitu tidak boleh menempatkan iklan secara sembarangan.

Anda tidak bisa memasang iklan AdSense di element yang memiliki posisi Sticky atau Fixed. Padahal, CTR untuk iklan di posisi Sticky dan Fixed cukup besar.

Selain itu, anda tidak boleh menempatkan iklan di posisi yang 'menipu'. Sebagai contoh, menempatkan iklan di dekat tombol download yang ditakuti akan membingungkan pengunjung.

Tapi, ada aturan yang paling menyulitkan para blogger, yaitu tentang konten web itu sendiri. Banyak kebijakan yang melarang iklan ditayangkan di konten yang sebenarnya memilik banyak pengunjung.

Google tidak mengizinkan iklan AdSense ditempatkan di blog dengan Niche Download Ilegal (Film, Software, Lagu, dan karya hak cipta lainnya) dan Konten Seksual. Padahal, konten-konten tersebut merupakan bisnis menguntungkan bagi Blogger pemula.

Hal ini memang wajar, karena bukan hanya Google yang melarang mempublikasikan konten berhak cipta tanpa izin, bahkan Hukum juga melarangnya.

Lalu, apakah ada solusi untuk tetap mendapatkan penghasilan dari Iklan AdSense, meskipun hanya memiliki Website Download Ilegal? Akan saya jelaskan.

Jawabannya adalah tidak, jika anda menempatkan iklan secara langsung di dalam konten blog download. Namun, anda masih bisa mengakalinya dengan memanfaatkan Google Custom Search Engine (Google CSE) yang anda tempatkan di Website Ilegal Download.

Apa itu Google CSE?



Google CSE adalah aplikasi Google yang memungkinkan pengunjung untuk mencari konten website anda yang sudah terindeks di Google.

Jadi cara kerja Google CSE ini hampir sama dengan Search Engine yang terdapat di website anda. Tapi yang membedakan, kemungkinan beberapa konten web anda belum bisa ditemukan pengunjung.

Hal ini terjadi jika konten tersebut belum terindeks oleh Google, khususnya untuk konten baru yang biasanya membutuhkan waktu untuk terindeks di Google.

Tapi, ada peluang yang belum banyak diketahui oleh para Publisher AdSense mengenai Google Custom Search ini.

Anda bisa memonetisasi Google CSE dengan iklan dari AdSense

Tentunya ini merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh publisher yang memiliki blog Download konten Ilegal. Pasalnya, iklan AdSense akan ditampilkan pada interface Google CSE, bukan di Website Download.

Jadi, ketika pengunjung mencari sebuah konten menggunakan search form Google CSE yang anda tempatkan di web, iklan akan muncul di interface Google CSE. Iklan biasanya akan muncul sesuai dengan Keyword yang dicari oleh pengunjung, diikuti oleh Hasil Pencarian konten tersebut.

Solusi ini sudah diterapkan oleh banyak situs download ilegal, saya ambil contoh Bagas31.com, blog download ilegal terbesar di Indonesia.

Nah, jika pengunjung melakukan klik iklan  pada Google CSE, maka anda akan dibayar. Menarik kan?

Ini merupakan solusi menarik yang bisa anda gunakan jika tidak bisa menempatkan iklan AdSense secara langsung di blog Download yang anda miliki.

Namun perlu diingat bahwa, mungkin saja iklan tidak akan selalu tampil. Biasanya iklan akan tampil sesuai dengan keyword yang dicari, jika iklan tersedia makan akan ditampilkan.

Perlu anda ketahui, performance klik iklan di Google CSE tidak akan secara langsung dapat dilihat di dashboard AdSense. Penghasilan dari Google CSE biasanya akan muncul pada tanggal 1-3 setiap bulan.

Mengoptimalkan Kerja Google CSE

Agat hasil pencarian selalu muncul, anda harus mengoptimalkan keyword dari konten anda. Dan manfaatkan fitur Fetch as Google dan Sitemap di Webmaster Tool agar konten web cepat terindeks.

Rangkuman



Solusi yang saya jelaskan ini tidak selalu menjadi yang terbaik, namun bisa anda coba terlebih dahulu.

Jika tidak mendapatkan hasil yang baik, anda masih bisa mencoba menggunakan platform monetize lain yang ada, seperti iklan PopUnder, menggunakan Shorten URL, atau menjual slot iklan kepada para pengiklan.

Ada keunggulan, tentu ada kekurangan. Saya akan coba jelaskan kekurangan dari solusi ini:
Seperti yang sudah saya jelaskan, pengunjung tidak akan selalu melihat setiap hasil penelusuran konten anda yang relevan. Karena konten akan muncul jika sudah terindeks di Google.

Iklan tidak akan selalu muncul karena dipengaruhi oleh keyword yang dicari. Jadi coba buatlah konten sesuai Keyword yang sekiranya memunculkan iklan.

Banyak blog download ilegal yang terkena De-Index, jika ini dialami blog anda, solusi ini tidak bisa diterapkan. Biasanya bayaran tidak terlalu besar, tidak seperti iklan yang ditempatkan langsung di website.

Cara Membuat Google CSE

Saya pernah membuat tutorial menerapkan Google CSE pada Blogger. Namun tutorial tersebut khusus untuk blog AMP,  silahkan sesuaikan dengan blog anda. Silahkan baca dengan seksama, Cara Pasang Google CSE di Blogger

Untuk memonetisasi Google CSE, anda diharuskan membuat Google CSE menggunakan akun Gmail yang sudah disetujui Google AdSense. Anda bisa melakukan monetise dengan mengklik tab Iklan saat pembuatan Google CSE.

Selamat mencoba :)

Disqus Comments