Monday, November 26, 2018

Cara Cek Backlink Blog via Search Console Terbaru 2018

    Cara Cek Backlink Blog via Search Console Terbaru 2018

    Backlink itu Penting

    Alinux Blog - Backlink atau tautan ke situs kita merupakan salah satu element penting untuk menunjang SEO sebuah website. Jika sebuah halaman website memiliki Backlink dari web-web yang punya reputasi tinggi, kemungkinan untuk menyentuh halaman utama di berbagai target keyword bukanlah hal yang tidak mungkin. 
    Memang ada beberapa anggapan bahwa Backlink nantinya akan menjadi boomerang tersendiri bagi sebuah situs jika memiliki backlink aktif yang terlalu banyak, namun hingga saat ini menanam backlink masih menjadi salah satu cara yang terbaik dalam optimasi sebuah halaman website. 

    Nah, jika kamu pernah atau sedang "menanam" backlink dalam sebuah berbagai website berkualitas, ini adalah cara mengetahui Backlink yang sudah anda tanam dan beberapa link yang pada sebuah website yang mention alamat web anda. 

    Cara mengeceknya tidak memerlukan tool pihak ketiga, cukup menggunakan Webmaster Search Console terbaru dari Google. Berikut akan saya jelaskan cara cek backlink aktif pada sebuah Blog:

    Cek Backlink Aktif pada Blog

    Untuk mengecek backlink aktif di blog kita menggunakan Search Console, pastikan anda sudah mengaitkan blog atau website anda dengan Search Console / Webmaster Tool, karena cara ini hanya untuk anda yang sudah mengaitkan blog dengan webmaster tool. 

    Buka Search Console di https://search.google.com kemudian pilih blog terkait yang ingin di cek backlink-nya.

    Akan muncul dashboard Search Console terbaru, pada tab Manual Action pilih Links. Maka akan muncul 2 kolom tabel yaitu External Links dan Intenal Links. Nah, untuk mengecek backlink pada blog, perhatikan pada kolom tabel External Links.

    Di kolom ini ada 3 row yaitu Top Linked Pages, Top Linking Sites, Top Linking Texts. Akan saya jelaskan terlebih dahulu 3 row tersebut:

    • Top Linked Pages merupakan Link internal pada blog anda yang tertaut di sebuah halaman web lain (External Link), bisa diartikan bahwa link-link tersebut lah yang menanam backlink pada eksternal website.
    • Top Linking Sites merupakan halaman web yang merupakan backlink dari website anda. Link atau URL tersebut yang berhasil menanam Link atau URL anda. 
    • Top Linking Texts merupakan Anchor Text dari backlink yang tertaut pada sebuah halaman website. 
    Untuk mengecek website mana saja yang memiliki backlink ke blog anda, anda cukup membuka row Top Linking Sites yang mana akan menyebutkan web mana saja yang menautkan link internal di blog anda.

    Jika anda mengklik salah satu dari website tersebut, maka akan terbuka sebuah interface baru yang akan melist target page yang terdapat pada ekternal web tersebut. 

    Sudah paham? Lihat gambar di atas untuk contoh link internal pada janganlupabahagia.com yang terdapat pada website scoop.it

    Semoga berguna :)

    Disqus Comments