Wednesday, November 28, 2018

Cara Memaksimalkan Pendapatan AdSense di Musim Liburan

    Cara Maksimalkan Pendapatan AdSense di Musim Liburan Akhir Tahun

    Akhir tahun selalu jadi hari yang ditunggu-tunggu bagi semua orang. Bukan hanya akan datang masa liburan panjang, tapi banyak 'kesempatan' lain yang bisa dimanfaatkan pada menjelang pergantian tahun.

    Biasanya, menjelang akhir tahun banyak rezeki hadir. Mulai dari diskon besar-besaran yang ada di supermarket dan online shop, bonus akhir tahun, dan banyaknya harga murah karena cuci gudang. 


    Rezeki AdSense Akhir Tahun

    Begitu juga rezeki akan datang bagi anda hamba AdSense. Yap! Buat anda yang mempunyai blog yang sudah melakukan monetize menggunakan AdSense, biasanya di akhir tahun akan ada peningkatan nilai iklan (Nilai CPC). Tentunya ini harus kita manfaatkan, dan perlu optimasi dari berbagai hal. 

    Selain itu, biasanya trafik ke web  dengan niche tertentu seperti Travel Agency, Travel Blog, Marketplace, juga akan meningkat drastis. 

    Kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan berbagi pengalaman dari mengikuti Webinar yang baru-baru ini diadakan oleh Google AdSense Indonesia

    Memaksimalkan Pendapatan di Akhir Tahun

    A. Maksimalkan tayangan Iklan Marketplace

    Yang pertama anda lakukan untuk memaksimalkan pendapatan dari AdSense di akhir tahun ini adalah dengan memaksimalkan beberapa tayangan iklan. 

    Biasanya, diakhir tahun akan banyak iklan yang memuat promo dari berbagai marketplace seperti tokopedia, lazada, bukalapak, blibli, shopee dan lain-lain.

    Yang harus anda lakukan adalah, jangan block iklan dari marketplace  di akhir tahun. Karena biasanya nilai CPC marketplace akan lebih besar di akhir tahun. Hal tersebut juga dimention dalam webinar AdSense Indonesia

    Untuk memblokir atau UnBlockir iklan tertentu di AdSense, anda bisa masuk ke Dashboard AdSense lalu klik Blocking Control

    Pada All site, masuk ke Advertiser URLs, pastikan anda tidak memblokir iklan dari marketplace. 

    B. Fokus Ke Konten Yang Ramai di Akhir Tahun, Research di Google Trends

    Berdasarkan data dari Google trend, keyword seperti Liburan, Wisata, Tiket Kereta, dan keyword berhubungan dengan liburan, akan naik pada akhir tahun, yaitu kisaran November hingga Desember.

    Ini adalah kesempatan yang baik untuk anda, khususnya jika anda memiliki blog niche Travel untuk memaksimalkan keyword tersebut. 

    Bukan hanya keyword tentang liburan, beberapa keyword juga akan mengalami kenaikan. Berdasarkan data Google Trends, keyword seperti belanja, promo akhir tahun, harbolnas, juga mengalami kenaikan. 

    Dengan anda mendatangkan trafik yang besar, maka secara otomatis pendapatan Google AdSense pun akan semakin maksimal. 

    C. Maksimalkan Tampilan Iklan di Mobile

    Berdasarkan data, jumlah penggunaan internet via mobile browser meningkat cukup banyak. Hal inilah yang harus anda maksimalkan. Jika sebelumnya anda lebih fokus kepada pengguna Desktop, maka anda lebih baik difokuskan untuk memaksimalkan tampilan mobile. 

    Coba gunakan unit iklan AdSense responsive, agar tampilan iklan lebih maksimal saat pengguna mengakses situs anda via smartphone. Baca artikel Buat Iklan Responsive di AMP Blog.

    D. Gunakan Ukuran Unit Iklan Yang Punya Nilai CPC Tinggi

    Menurut Google, beberapa unti iklan untuk mobile dan desktop memiliki nilai CPC yang lebih tingga dari yang lain. Iklan tersebut berukuran 728X90 dan 160X600 untuk Desktop, ukuran 320X100 dan 336X280 untuk mobile.

    Saya menyarankan anda gunakan ukuran iklan tersebut, agar nilai CPC lebih besar.

    Itulah beberapa tips untuk memaksimalkan pendapatan AdSense, Khususnya di akhir tahun 2018 ini. Semoga bermanfaat :)

    Tonton video Webinar Google AdSense Indonesia bulan November 2018 di sini:
    Semoga bermanfaat :)

    Disqus Comments