Sunday, December 9, 2018

Benarkah Iklan Marketplace Indonesia Punya CPC Rendah?

    Benarkah Iklan dari Marketplace Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Blibli punya CPC Rendah?

    Alinux Blog  - Seperti yang kita tahu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai klik sebuah iklan (CPC). Salah satu yang mempengaruhi adalah negara target.

    Jika anda memiliki pengunjung yang berasal dari Canada, dan mengklik salah satu iklan di website anda, maka penghasilan dari 1 klik iklan dari user tersebut relatif tinggi, bisa lebih dari Rp. 10.000,- per klik. Kenapa bisa Canada punya harga iklan yang lebih tinggi? Hal ini sudah saya bahas di artikel Cara Meningkatkan CPC Iklan AdSense

    Tentunya akan sangat berbeda jika yang klik iklan tersebut dari Indonesia. Iklan dari user Indonesia relatif sangat kecil, bahkan bisa kurang dari Rp. 1.000,-/klik. Hal ini tentunya banyak Blogger Indonesia yang memutar otak untuk meningkatkan CPC iklan AdSense.

    Baca: Cara Meningkatkan CPC Iklan AdSense

    Salah satu cara yang biasa mereka lakukan untuk menaikan iklan CPC dan meningkatkan CTR adalah dengan mencoba memblokir beberapa iklan dari marketplace di Indonesia seperti iklan Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, Blili, Bukalapak, dan lain-lain.

    Ada yang bilang bahwa cara ini efektif dan berhasil, dan juga tidak sedikit yang bilang kalau ini belum membuahkan hasil dan bahkan pendapatan harian semakin menurun.

    Hal tersebut menimbulkan banyak pertanyaan dari beberapa Blogger, apakah benar iklan marketplace punya CPC yang rendah? Saya akan coba membahasnya, mengutip sumber video dari akun resmi Google AdSense.

    Iklan Tokopedia dan Lazada CPC Rendah? 


    Melalui Webinar AdSense Indonesia pada tanggal 28 November 2018 yang lalu, pihak Google menyatakan bahwa Iklan akan bernilai semakin rendah jika semakin banyak publisher yang memblock iklan tersebut.

    Alasan turunnya harga iklan dikarenakan robot iklan Google membaca bahwa iklan tersebut punya reputasi yang buruk di kalangan publisher, sehingga tidak mampu bersaing dengan iklan lainnya, dan menyebabkan turunnya harga iklan.

    Contoh saja, misalkan ada 1000 publisher yang memblokir iklan dari Tokopedia. Robot iklan membaca ternyata banyak publisher yang tidak mengizinkan iklan tokopedia tayang di websitenya, dan membuat reputasi iklan tersebut turun.

    Selain itu, CPC sebuah iklan tidak melulu dipengaruhi oleh materi iklan, niche artikel ataupun ukuran iklan. Kadang blog dengan konten asuransi akan menampilkan iklan dari traveloka yang bisa dibilang tidak ada hubungannya.

    Menurut video Webinar, yang menjadi faktor utama harga CPC adalah user itu sendiri. Kebiasaan user yang sudah tercatatan di browsernya akan menjadi faktor penentu iklan apa yang akan ditayangkan pada user tersebut. Bisa dikatakan, harga iklan tergantung dari value user itu sendiri.

    Google akan membacanya, dan menampilkan iklan yang cocok. Contoh saja, anda sering browsing mengenai game, kemudian membuka blog berkonten asuransi. Bukan tidak mungkin, iklan di blog asuransi tersebut justru iklan game. Kecuali, blog asuransi tersebut memblokir iklan berbau game.

    Jangan Biasakan Memblokir Iklan

    Dengan penjelasan tersebut, memblokir iklan dari marketplace merupakan sebuah kerugian yang besar. Bukan hanya untuk anda, melainkan untuk publisher lain juga. 

    Toh, jika difikir dengan seksama, tidak ada ruginya jika kita menampilkan iklan dari marketplace, siapa yang tahu bahwa user anda justru akan mengklik iklan dari marketplace yang muncul di blog anda. 

    Selain itu, dalam dunia iklan digital banyak marketing mengatakan bahwa, impresi terhadap suatu iklan secara terus menerus akan membuat orang semakin penasaran dan semakin ingin mencari tahu. Sisi psikis pengguna inilah yang kemudian membuat para marketing sering menggunakan metode remarketing dalam menargetkan iklan.

    Kesimpulan dari penjelasan di atas, Google sangat tidak menyarankan untuk memblokir iklan. Dalam halaman support pun sebenarnya telah dibahas oleh Google bahwa memblokir iklan bisa menurunkan CPC.  Baca: https://support.google.com/adsense/answer/6333976  

    Jadi, bagaimana bro? Masih "tertarik" dan percaya bahwa blokir iklan marketplace akan menaikan pendapatan AdSense anda?

    Yuk diskusi di bawah :)


    Referensi: 

    Disqus Comments